kursor

Flame Surfboard /* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/sports/spo-8/spo719.cur), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Jumat, 28 Juli 2017

Berbagai Jenis olahan serealia

assalamualaikum wr.wb

pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang berbagai jenis olahan serealia
Padi (bahasa latin: Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting 
dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Padi diduga berasal dari India atau Indocina dan masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM.

Contoh hasil olahan beras: - Nagasari 
- Kue mangkok
- Bubur


 
2.Jagung 
adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatanbulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Di masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri. Beberapa di antaranya adalah bioenergiindustri kimiakosmetika, dan farmasi. Dari sisi botani dan agronomi, jagung merupakan tanaman model yang menarik[1][2], khususnya di bidang genetikafisiologi, dan pemupukan. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif. Secara fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari. Sebagian jagung juga merupakan tanaman hari pendek yang pembungaannya terjadi jika mendapat penyinaran di bawah panjang penyinaran matahari tertentu, biasanya 12,5 jam[3]. Dalam kajian agronomi, perilaku jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur hara tertentu menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai.

Beberapa hasil olahan Jagung: - Sup jagung.

- Rolade Jagung

-Puding jagung manis

- Rolade Jagung  
  
- Rolade Jagung


 -Image result for jagung


3.Gandum 
adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigupakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Pada umumnya, biji gandum (kernel) berbentuk opal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm. Seperti jenis serealia lainnya, gandum memiliki tekstur yang keras. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ).

Beberapa hasil olahan dari Gandum: - Roti gandum schootel with cornet beef

- Whole wheat spaghetti with sardines sauce and cheese

- Biskuit Anzac 


Image result for gandum
 4.Sorgum 
dalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber panganpakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan ke-5, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandumjagungpadi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatandan Afrika sub-sahara.

Beberapa hasil olahan dari sorgum - Ongol-ongol

- Cendol tepung sorgum

- Kue semprit dahlia



Image result for sorgum
 5.Jelai 
adalah sejenis serealia untuk pakan ternak, penghasil malt, dan sebagai makanan kesehatan. Jelai adalah anggota suku padi-padian (Poaceae). Pada tahun 2005, jelai berada pada urutan keempat dari jumlah produksi dunia dan luas area penanaman serealia di dunia (560.000 km²).[1] Waktu berkecambahnya sekitar 1-3 hari.

Beberapa hasil olahan dari jelai: - Barley malt syrup

- Supermalt(produk minuman)

- Malta(soft drink)



Image result for jelai


Demikian postingan saya kali ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,sekian dan terima kasih

wassalamualaikum wr.wb

sumber :http://jeremylanvin.blogspot.co.id/2015/04/beragam-jenis-makanan-dan-hasil-olahan.html

0 komentar:

Posting Komentar